SMP Sambas Maju OSN-IPA Nasional

 

FOTO BARENG : Ganang (tengah) foto bersama Kepala SMP istiqomah Sambas dan para pembina OSN IPA.

SMP Sambas Maju OSN-IPA Nasional

PURBALINGGA – Melengkapi berbagai prestasi yang telah diraih, SMP Istiqomah Sambas Purbalingga berhasil menapakkan kaki di tingkat nasional pada gelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018. Event ini akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada 1-7 juli mendatang.

Kepala SMP Instiqomah Sambas Purbalingga, Syaefudin Purwanto SPd mengatakan, prestasi tersebut merupakan sejarah baru. Karena selama ini beberapa kali mengikuti OSN, SMP Sambas Purbalingga baru sampai tingkat Provinsi jateng.

“Pencapaian OSN tingkat nasional tahun ini adalah sejarah baru, dan menjadi amunisi tambahan untuk meningkatkan motivasi bagi keluarga besar SMP istiqomah Sambas Purbalingga dalam meraih prestasi di segala bidang.” ujar Syaefudin yang akrab dipanggil Ustad Pur. kemarin (7/5) demikian Radar Banyumas melaporkan.

Dia mengatakan, pencapaian OSN-WA tingkat nasional sebagai salah satu pembuktian implementasi dari tujuan SMP istiqomah Sambas Purbalingga dalam mencetak generasi muda yang kuat aqidahnya. benar ibadahnya. karimah akhlak dan karakternya.

Selain itu, berprestasi secara akademik dan non akademik memiliki hafalan Alquran dan hadits serta menguasai terjemahannya, memiliki jiwa leadership, serta mampu berkomunikasi harian menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Waka Bidang Kesiswaan SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Sherly Hanawati SSi didampingi para pembina OSN-IPA menyatakan, pencapaian ini adalah hasil dari proses panjang dan kerja keras seluruh pihak.

Lebih lanjut Ustadah Sherly mengatakan, pada awal tahun pelajaran 2017/2018 pihaknya diberikan target oleh kepala sekolah. Tahun 2018 ini, OSN harus berprestasi lebih tinggi, karena selama ini prestasi yang diraih baru sampai ke tingkat provinsi. Dia mengatakan, kami lakukan penjaringan peserta secara berjenjang pada bulan Juli 2017. Salah satunya dengan melakukan psikotes bagi seluruh peserta didik. Psikotes dilakukan bekerjasama dengan Fakultas Psikologi salah satu perguruan tinggi.

Selanjutnya dilakukan pembinaan secara intensif oleh guru – guru sendiri selama hampir satu tahun. Setelah dinyata kan lolos tingkat Kabupaten Mbelingga dan untuk per siapan OSN tingkat provinsi dilakukan pembinaan lebih intensif dengan melibatkan Tim Pembina OSN dari SMA N 1 Purbalingga.

Para Pembina OSN-lPA SMP istiqomah Sambas Purbalingga. indah Annisa Diena SPd, Nur Ekowati SPd, dan Isti Rahayu SPd menyatakan ganang Fatahuddin Attar-kelas Vii. putra kedua pasangan Sutarman dan Emi Kinisniati adalah sosok anak hebat dan memiliki kemauan belajar yang sangat tinggi. Alhamdulillah seneng banget dan bangga, Ganang bisa tembus OSN nasional. Ganang anak yang mudah memahami tiap materi yang diajarkan. cepat menangkap pelajaran, dan sangat kritis. Kemauan belajarnya sangat tinggi dan bertanggung jawab,” ujar indah.

Sementara itu. Ganang mengaku surprise, senang bahagia dan berharap dapai meraih medali emas di ajang OSN tingkat nasional. Senang kaget, dan bahagia bisa ke padang Semoga bisa mendapat medali emas dan saat di SMA nanti bisa ikut lagi OSN tingkat SMA ujar Ganang. (Adv/nis/sus)