BERITA

SMP Istiqomah Sambas Meraih Mendali Perungggu dan Penghargaan The Best Experiment Olimpiade Sains IPA di Yogyakarta

SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Meraih prestasi dalam beberapa bulan terakhir SMP Istiqomah Sambas kembali dengan kabar membanggakan kali ini diawal bulan Juli 2019. Siswa SMP Istiqomah Sambas Purbalingga bernama Ganang Fatahiddien Attar Kelas 9 berhasil meraih mendali perunggu dan The Best Experiment dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di Yogyakarta.

Siswa SMP Istiqomah Sambas Ganang Fatahuddien Attar berfoto bersama Kepala SMP Istiqomah Sambas Bapak Syaefudin Purwanto, S. Pd setelah acara lomba selesai.

Siswa SMP Istiqomah Sambas Ganang Fatahuddien Attar berfoto Orang tua setelah acara lomba selesai.

 

Berita ini juga termuat dalam salah satu media cetak terbesar di Jawa Tengah yaitu Harian Suara Merdeka edisi Sabtu Pon, tanggal 31 Agustus 2019.

Pembelajaran Kreatif: Guru Matematika Ajarkan Siswa Berwirausaha

Beraneka kegiatan bisa dilaksanakan untuk mengasah skill siswa di sekolah. Salah satunya adalah dengan praktek berdagang. Sherly Hanawati dan Fibrianto Adi Nugroho, guru matematika kelas 7 SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, mengaplikaskasikan materi aritmatika sosial dengan praktek berdagang (Jumat, 15 Feb 2019).

Menurut Fibrianto kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam berhitung untung dan rugi. “Pembelajaran akan lebih mengena jika dipraktekkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari oleh karena itu kami ajak siswa untuk berjualan di sekolah”. Beberapa makanan yang dijual dalam kegiatan ini antara lain: piscok, lumpia, pukis, serabi, risol ayam, puding, kebab, bakpau, dan klepon.

Pembelajaran Tematik

Kegiatan ini merupakan aplikasi dari kurikulum 2013 tentang pembelajaran tematik, yaitu penggabungan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Selain mata pelajaran Matematika, kegiatan dagang ini juga menggabungkan beberapa mata pelajaran lain seperti PKN, IPS, Seni Budaya, dan Agama. Sherly Hanawati menjelaskan “Selain aritmatika sosial, para siswa juga aplikasikan berbagai materi dalam pelajaran lain seperti materi keberagaman untuk mapel PKN, jajan tradisional untuk seni budaya, interaksi sosial untuk mapel IPS dan jual beli untuk mapel agama”.

Flash Sale: Jual Cepat

Dengan berkeliling para siswa jajakan jajanan ke para guru dan teman kelas lainnya. Tanpa rasa malu dan ragu, mereka berlari berebut pembeli. Jurus jitupun disusun, dengan mengandalkan suara merdu para siswa keluarkan rayuan manis untuk menarik para pembeli.

” Buk ibu, bak bapak ayo dibeli jajanannya, makanan sehat dan murah. Ayo ayo segera diborong jananannya!” seru salah satu siswa.

Tidak perlu waktu lama, dalam 30 menit seluruh jajanan langsung habis terjual dengan rata-rata keuntungan 20 rb perkelompok. Selanjutnya keuntungan itu dibagi dengan anggota kelompoknya. Senyum kebahagiaan terpancar dalam wajah mereka,

” Terimakasih pak Adi, hari ini saya senang bisa praktek jualan dapat banyak untung. Kapan-kapan lagi ya pak”. Saut Zelda salah satu siswa kelas 7.

Maulana Khusen

Outbond Motivasi Pra UN Kelas IX TP 2018/2019

Purbalingga, sebanyak 185 peserta didik kelas IX SMP Istiqomah Sambas ikuti kegiatan outbound sebelum hadapi ujian Nasional pada Jumat-Sabtu, 15-16 Feb 2019.

Start dari halaman sekolah, rombongan berangkat dengan 18 armada menuju desa wisata Serang, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga. Arjudin Hasan, ketua panitia kegiatan outbound menyampaikan, “Kita pisahkan antara peserta didik putra dan putri, ya mereka kan sudah pada baligh sehingga tidak dicampur. Kita bagi peserta didik menjadi 2 kelompok. Selanjutnya pada hari Jumat kelompok putri yang terdiri dari 108 anak berangkat lebih awal menggunakan 10 armada. Sementara kelompok putra yang berjumlah 77 anak berangkat pada hari Sabtu dengan 8 armada”.

Refresh Tubuh Dan Persiapkan Mental Untuk Hadapi Ujian

Kegiatan pembelajaran yang berdurasi 8 jam sehari selama 6 hari dalam sepekan, tentu menguras energi dan membuat otak panas dan tubuh menjadi kaku. Kegiatan outdoor yang bernuansa alam, seperti outbound tentu menjadi pilihan tepat untuk memompa motivasi belajar agar tidak mengendor.

Syaefudin Purwanto, kepala SMP Istiqomah Sambas dalam sambutan pelepasan peserta outbound menyampaikan “Sebelum kegiatan ujian kita refresh tubuh kalian dari kejenuhan dan kebosanan melalui kegiatan outbound. Semoga setelah ini kalian akan lebih siap menghadapi ujian Akhir Sekolah, baik Ujian Praktik, US/USBN, dan Ujian Nasional. Kegiatan outbound ini juga dalam rangka menumbuhkan semangat, disiplin, kerjasama, dan kerja keras. Dalam kegiatan ini kalian adalah satu keluarga besar, tidak ada lagi ego bahwa saya anak reguler kamu anak boarding atau sebaliknya. Kita adalah keluarga besar SMP Istiqomah Sambas Purbalingga yg memiliki program dan tujuan yang sama”.

Outbound: Belajar Di Luar Kebiasaan

Outbound merupakan kegiatan edukatif yang berbalut permainan dengan konsep outdoor. Seperti yang disampaikan kak Pulung koordinator dari crew Serang Adventure “Outbound merupakan konsep belajar di luar kebiasaan. Pada umumnya pembelajaran dilakukan di dalam ruangan menggunakan bolpoin dan buku, sementara di sini peserta didik akan belajar melalui kegiatan yang tidak hanya bersifat entertainment tetapi juga bernilai edukatif. Ya senang-senangnya dapet tetapi nilai pembelajaran nya juga dapet”.

Diawali dengan senam dan permainan besar, peserta didik diajak untuk seru-seruan berolahraga dan bergerak mengikuti irama. Selanjutnya bersama Serang Adventure, rombongan SMP Istiqomah Sambas mengikuti tujuh game yaitu: labirin, pipa botol, moving ball, spider web, panahan, piramid class dan flaying fox.

Refleksi Kegiatan

Pada sesi terakhir peserta didik diajak untuk melakukan refleksi dari setiap permainan. Outbound adalah pembelajaran dalam permainan yang disengaja, sehingga setiap permainan memiliki filosofi atau tujuan pembelajan yang hendak dicapai. Lebih detail kak Pulung menjelaskan bahwa dalam setiap permainan ada filosofi yang ingin kami sampaikan:

  1. Labirin, mengajarkan, leadership, kekompakan, fokus pada tujuan.
  2. Pipa Botol, berlatih matematik, berlatih strategi, kerjasama dan saling menutupi kekurangan
  3. Moving ball, melatih ketenangan, sabar, dan mampu mengendalikan emosi.
  4. Spider web, kompak, pandai memelih sasaran sesuai dengan kemampuan.
  5. Panahan, mampu mengukur kemampuan diri dan fokus pada target.
  6. Flaying fox, melatih keberanian, kuat menghadapi tantangan, dan percaya diri.
  7. Piramid class, melatih komunikasi, mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, dan supel atau mudah bergaul.

Bendera Komitmen

Pada game piramid class di sesi terakhir, peserta didik diminta untuk menuliskan harapan dan cita-cita sebelum dan sesudah mengikuti ujian Nasional. Muhammad Fatih peserta didik kelas IX.1 menyampaikan harapan dan cita-citanya:
“Saya mewakili teman-teman menyampaikan harapan kami semoga dalam menghadapi ujian besok diberikan kemudahan, meraih peringkat pertama nilai UN tertinggi di tingkat kabupaten dan dapat masuk ke sekolah-sekolah favorit. “. Serentak harapan dan cita-cita itupun dijawab teman-temannya dengan kata-kata “Aamiin ya Allah”.

Maulana Khusen

Guru dan Karyawan SMP Istiqomah Sambas Tutup Kegiatan Semester Gasal Dengan olahraga Rafting

Olah raga rafting menjadi penutup kegiatan semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Bertempat di Sungai Serayu Banjarnegara, para guru, karyawan, dan muhafidz SMP Istiqomah sambas ikuti olahraga rafting pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Kegiatan ini menandai tutupnya kegiatan pembelajaran semester gasal, setelah rangkaian kegiatan menjelang libur semester pada tanggal 17 – 21 Desember 2018 selesai dilaksanakan.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi penilaian kinerja guru, workshop sistem akreditasi sekolah, In house training pembelajaran saintifik, penilaian autentik dan penyusunan soal HOTS serta penyempurnaan kurikulum takhosus yang menjadi ciri khas pembelajaran di SMP Istiqomah Sambas.

Refresh Tubuh Dari Kejenuhan Beraktivitas

Kesibukan guru dalam mendidik dan membimbing peserta didik di sekolah banyak menguras tenaga dan pikiran. Tugas dan tanggungjawab pekerjaan yang tinggi tidak jarang membuat otak memanas dan tubuh melemas.

Olahraga alam menjadi pilihan tepat para guru merifresh tubuh dari kejenuhan beraktivitas. Pemandangan alam yang indah serta suara gemericik air sungai yang merdu serasa mengendorkan urat saraf yang selama ini mengencang.

Syaifudin Purwanto, Kepala SMP Istiqomah Sambas menjelaskan “Tidak dipungkiri aktivitas sekolah yang padat membuat lelah dan jenuh para guru, melalui olahraga rafting, kami berharap dapat merifresh semangat guru agar kembali meningkat di semester genap nanti. Selain itu, dengan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kekompakan dan rasa kekeluargaan antar warga sekolah.”

Olahraga Ekstrim Pemacu Adrenalin

Rafting atau arum jeram merupakan salah satu olahraga ekstrim yang menantang adrenalin. Olahraga ini juga berfungsi untuk mengeksplor keindahan sungai dan menjadikannya lebih indah dan bersih sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Eksis mulai tahun 2000 di kawasan sungai Serayu, Banjarnegara, olahraga ini banyak menyorot wisatawan yang senang dengan olahraga menantang. Samsul Arifin salah satu manajer operasional dari delta adventure menjelaskan bahwa tercatat sudah 2 kali perlombaan rafting pada even internasional, yaitu Central Java Internasional Rafting (CJIR) pada tahun 2013 dan 2009 yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Tengah bekerjasama dengan Federasi Arum Jeram Indoneaia (FAJI). Sementara itu, untuk even nasional sendiri sudah puluhan kali diselenggarakan di sungai Serayu.

Jelaskan Prosedur Keselamatan

Sebelum mengarungi sungai, rescue boat menjelaskan tentang prosedur keselamatan penumpang.

Salah satu rescue boat, Veri menjelaskan bahwa ada 3 point penting yang harus dipahami penumpang. Pertama alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari helm, baju pelampung dan dayung. Yang kedua aba-aba pengarungan seperti dayung maju, mundur, pindah, dan boom masuk ketika melewati jeram terjal. Terakhir adalah tatacara menyelamatkan diri ketika terjatuh dari boats yaitu pastikan kita dalam kondisi sadar, mata tidak terpejam, tidak berdiri, berenang ke hilir, dan memegang tali penyelamat.

Serangan Air Boat Nakal

Star dari desa Bojanegara, rombongan boat SMP Istiqomah Sambas pilih grade 2 pada rute pengarungan sungai Serayu dengan estimasi jarak 14 km. Butuh waktu 2 jam untuk sampai pada poin finis di desa Singomerto.

Derasnya arus sungai dan medan jalan yang sulit membuat boat sering kali terpontang-panting melewati jeram terjal. Hal ini sontak membuat penumpang berteriak dan memegang kencang tali pengaman. Tidak hanya itu, aksi nakal antar penumpang boat juga kerap kali terjadi. Mereka tidak segan-segan menyiramkan air pada penumpang boat lain yang melintas.

Ditengah perjalanan setelah kurang lebih 1 jam pengarungan, guide boat membawa para penumpang ke rest area, tempatnya di bawah jembatan desa Prigi. Sebutir degan muda dan mendoan hangat telah siap disantap. Menu sederhana nan lezat untuk pengganjal perut yang lapar.

Setelah melewati berbagai Medan, akhirnya boat sampai pada garis finis di desa singomerto. Sorak Sorai penumpang boat menandai berakhirnya ekspedisi. “Alhamdulillah sampai garis finis dengan selamat, satu kata untuk team boat, Luar biasa, tidak ada medan yang sulit untuk dilewati jika kita semua kompak. Ungkap Arga salah satu guru SMP Istiqomah Sambas.

Maulana Khusen

Direktur Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas Bekali Para Guru Hadapi Generasi Milenial Abad 21

Salah satu momen yang tepat untuk meng’upgrade’ pengetahuan para guru di sela-sela libur semester adalah dengan kegiatan In House Training (IHT). Kegiatan ini merupakan agenda rutin semua satuan di bawah naungan lembaga pendidikan Istiqomah Sambas (LPIS) mulai dari PAUD, MI, SMP, serta MA.

IHT kali ini dilaksanakan secara terpisah, bertempat di satuan masing-masing pada pekan pertama libur semester gasal tahun pelajaran 2018/2019, Selasa – Kamis 18 – 20 Desember 2018.

Fenomena Disruptive

Aktivitas yang dilakukan guru di sekolah seyogyanya tidak menjadi rutinitas yang menghalangi untuk terus belajar membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang terbentang luas tak terbatas. Seperti halnya kemajuan budaya dan teknologi yang sudah tak lagi terbendung, dunia pendidikan saat ini juga tengah gencar menghadapi fenomena disruptive sebagai dampak dari pesatnya laju teknologi.

Fenomena disruptive merupakan sebuah guncangan yang mengacaubalaukan tatanan sosial akibat derasnya arus teknologi informasi yang semakin pesat. Mudahnya dengan teknologi semua terasa dekat dan serba tersedia. Hal ini dapat mengancam populasi kehidupan yang masih bersifat konvensional.

Sebagai contoh pada saat ini sudah ada 6 juta orang yang mengakses aplikasi ruang guru. Sebuah aplikasi yang memungkinkan anak untuk belajar secara mandiri tanpa harus berinjak dari tempat duduk. Dapat dibayangkan bagaimana kacaunya dunia pendidikan jika semua orang sudah tidak lagi mau pergi ke sekolah dan lebih memilih belajar melalui aplikasi tersebut.

4 Kompetensi Peserta Didik pada Abad 21

Pada sesi pembukaan IHT di SMP Istiqomah Sambas, Ikhwandi Arifin, S.Ag., M.Pd.I selaku direktur LPIS memaparkan arah kebijakan pendidikan pada abad 21 sebagai bekal para guru menghadapi generasi milenial pada era disruptive.

Ikhwandi Arifin menyampaikan ada 4 kompetensi yang harus diimplementasikan guru kepada peserta didik. Kompetensi tersebut meliputi communication, collaborative, critical thinking and problem solving, creativity and innovation.

Communication Competance.

Kometensi yang pertama adalah komunikasi artinya peserta didik harus mampu berkomunikasi dengan baik. Dalam kehidupan ini banyak masalah timbul akibat tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Masalah keluarga, hidup bertetangga, teman di sekolah bahkan masalah bangsa ini juga timbul gara-gara gagal paham dalam berkomunikasi.

Ikhwandi melanjutkan, dalam komunikasi efektif ada dua bentuk komunikasi yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal berkaitan dengan konten atau isi dari komunikasi, sedangkan non verbal berkaitan dengan sesuatu yang melingkupi dari pada isi komunikasi tersebut. Sebagai seorang guru kita harus dapat memahami keduanya. Karena pada kondisi tertentu kalo salah menafsirkan bentuk komunikasi non verbal maka dapat mengakibatkan kita salah berempati pada peserta didik.

Collaborative Competance

Berikutnya nya kompetensi yang kedua adalah kolaboratif atau kemampuan bekerjasama. Pendidikan saat ini harus mampu mengarah pada peserta didik yang mampu bekerja sama dengan siapa pun dan dimana pun.

Dalam teori psikologi ada 3 jenis manusia yaitu dependen, independen dan interdependen. Dependen adalah manusia yang masih bergantung dengan orang lain, misalnya belum bisa makan sendiri, mandi sendiri dan ganti baju sendiri. Berikutnya independen yaitu manusia yang sudah mandiri mampu menyelesaikan pekerjaanannya sendiri. Adapun yang dimaksud interdependen adalah perpaduan kolaboratif antara individu-individu yang independen.

Peserta didik yang sukses hari ini adalah mereka yang mampu bekerja sama dan membangun networking dengan berbagai pihak. Pepatah bijak mengatakan orang yang bermanfaat adalah orang yang kehadirannya menggenapkan dan ketidakhadirannya mengganjilkan. Pendidikan hari ini harus mampu menelorkan peserta didik yang kehadirannya menggenapkan dan ketidakhadirannya mengganjilkan.

Critical thinking competencies and problem solving

Kompetensi yang ke tiga adalah critical thinking and problem solving. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21 adalah mengembangkan pemikiran kritis dan melatih peserta didik menyelesaikan masalahnya sendiri. Maka dalam evaluasi pembelajaran hari ini dikembangkan model soal hots (high order thinking skill)

Dalam model soal hots pertanyaannya sudah tidak lagi apa tapi bagaimana? Ikhwandi Arifin mencontohkan ketika bapak ibu melihat saya memakai baju putih, maka pertanyaannya mengapa hari ini pak Arifin mengenakan baju putih atau mengapa baju yang dipakai Pak Arifin dan Pak Purwanto berbeda?

Dalam soal hots peserta didik diajak untuk berfikir kritis dan mampu menganalisa soal dengan baik.

Competency Creativity and Innovation

Kompetensi yang ke empat adalah creativity and innovation. Arah kebijakan pendidikan abad 21 hari ini menuntut pendidikan yang kreatif dan inovatif.

Dalam kurikulum 2013 tahapan pengetahuan dalam pembelajaran meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif atau dengan kata lain Level pengetahuan pada k 13 adalah mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mengreasi.

Maka kedepan program tahfid SMP Istiqomah Sambas tidak lagi bagaimana menghafal dan mengingat lagi namun lebih dari itu, yaitu pada level mencipta metodologi menghafal Al Qur’an yang efektif. Tegas Ikhwandi Arifin menutup sesi pertama pada pembekalan guru pada IHT guru dan karyawan SMP Istiqomah Sambas Purbalingga.


Maulana Khusen

SMP SAMBAS MENGADAKAN KEMAH KEAKRABAN XIV

Keseruan Kegiatan Outbond

Purbalingga Pramuka SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA menggelar kegiatan kemah keakraban mulai Jumat, (05/10). Kegiatan ini dalam rangka menguatkan tali silaturahmi dan kekeluargaan antar pengurus pramuka, dari kelas 7-9 serta keluarga besar Pramuka SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.

Kegiatan ini untuk meningkatkan Kedisiplinan dan rasa kekeluargaan seluruh elemen keluarga besar SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA,, terang Pembina Pramuka SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA, Syaefudin Purwanto saat Pembukaan Kemah Tersebut, Jumat (05/10).

Kegiatan yang bertemakan “Masa mera

mu warna, menyatu rasa, menggapai asa demi terwujudnya SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA sebagai sekolah unggul, model dan Islami” ini berlangsung selama dua hari, mulai Jumat, (05/10) hingga Sabtu, (06/10). Kemah keakraban ini diisi oleh berbagai kegiatan. Seperti lomba menyajikan makanan, outbound, Mencari jejak, dan pemilihan ketua OSIS.

Pihaknya berharap kegiatan dapat membentuk karakter anggota Pramuka SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA, Sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh negatif globalisasi.

Dari berbagai kegiatan ini diharapkan akan menjadi Pramuka yang memiliki kehebatan karakter, kepemimpinan dan keterampilan hidup. Serta menjadi pelopor kebaikan.

HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH SMPIS REGULER MULAI DENGAN KEGIATAN PLS

Senin, 16 Juli 2018. Upacara Pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (PLS)

SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Salam Spizbasga : Senin (16/7) bertempat di lapangan SMPIS, seluruh siswa, guru, dan karyawan SMP Istiqomah Sambas Purbalingga memulai kegiatan di tahun pelajaran 2018/2019. Di awali dengan halal bi halal antara siswa dan pendidik/tenaga kependidikan serta dilanjutkan dengan pembukaan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang langsung dibuka oleh kepala SMP Istiqomah Sambas Bpk. Syaefudin Purwanto, S.Pd. Dan berikut beberapa foto dokumentasi kegiatan Pengenalan lingkungan sekolah (PLS) Senin, 16 Juli 2018.

SMP Sambas Maju OSN-IPA Nasional

 

FOTO BARENG : Ganang (tengah) foto bersama Kepala SMP istiqomah Sambas dan para pembina OSN IPA.

SMP Sambas Maju OSN-IPA Nasional

PURBALINGGA – Melengkapi berbagai prestasi yang telah diraih, SMP Istiqomah Sambas Purbalingga berhasil menapakkan kaki di tingkat nasional pada gelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018. Event ini akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada 1-7 juli mendatang.

Kepala SMP Instiqomah Sambas Purbalingga, Syaefudin Purwanto SPd mengatakan, prestasi tersebut merupakan sejarah baru. Karena selama ini beberapa kali mengikuti OSN, SMP Sambas Purbalingga baru sampai tingkat Provinsi jateng.

“Pencapaian OSN tingkat nasional tahun ini adalah sejarah baru, dan menjadi amunisi tambahan untuk meningkatkan motivasi bagi keluarga besar SMP istiqomah Sambas Purbalingga dalam meraih prestasi di segala bidang.” ujar Syaefudin yang akrab dipanggil Ustad Pur. kemarin (7/5) demikian Radar Banyumas melaporkan.

Dia mengatakan, pencapaian OSN-WA tingkat nasional sebagai salah satu pembuktian implementasi dari tujuan SMP istiqomah Sambas Purbalingga dalam mencetak generasi muda yang kuat aqidahnya. benar ibadahnya. karimah akhlak dan karakternya.

Selain itu, berprestasi secara akademik dan non akademik memiliki hafalan Alquran dan hadits serta menguasai terjemahannya, memiliki jiwa leadership, serta mampu berkomunikasi harian menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Waka Bidang Kesiswaan SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Sherly Hanawati SSi didampingi para pembina OSN-IPA menyatakan, pencapaian ini adalah hasil dari proses panjang dan kerja keras seluruh pihak.

Lebih lanjut Ustadah Sherly mengatakan, pada awal tahun pelajaran 2017/2018 pihaknya diberikan target oleh kepala sekolah. Tahun 2018 ini, OSN harus berprestasi lebih tinggi, karena selama ini prestasi yang diraih baru sampai ke tingkat provinsi. Dia mengatakan, kami lakukan penjaringan peserta secara berjenjang pada bulan Juli 2017. Salah satunya dengan melakukan psikotes bagi seluruh peserta didik. Psikotes dilakukan bekerjasama dengan Fakultas Psikologi salah satu perguruan tinggi.

Selanjutnya dilakukan pembinaan secara intensif oleh guru – guru sendiri selama hampir satu tahun. Setelah dinyata kan lolos tingkat Kabupaten Mbelingga dan untuk per siapan OSN tingkat provinsi dilakukan pembinaan lebih intensif dengan melibatkan Tim Pembina OSN dari SMA N 1 Purbalingga.

Para Pembina OSN-lPA SMP istiqomah Sambas Purbalingga. indah Annisa Diena SPd, Nur Ekowati SPd, dan Isti Rahayu SPd menyatakan ganang Fatahuddin Attar-kelas Vii. putra kedua pasangan Sutarman dan Emi Kinisniati adalah sosok anak hebat dan memiliki kemauan belajar yang sangat tinggi. Alhamdulillah seneng banget dan bangga, Ganang bisa tembus OSN nasional. Ganang anak yang mudah memahami tiap materi yang diajarkan. cepat menangkap pelajaran, dan sangat kritis. Kemauan belajarnya sangat tinggi dan bertanggung jawab,” ujar indah.

Sementara itu. Ganang mengaku surprise, senang bahagia dan berharap dapai meraih medali emas di ajang OSN tingkat nasional. Senang kaget, dan bahagia bisa ke padang Semoga bisa mendapat medali emas dan saat di SMA nanti bisa ikut lagi OSN tingkat SMA ujar Ganang. (Adv/nis/sus)

PENGUMUMAN PENERIMAAN SANTRI BARU GELOMBANG II

PENGUMUMAN
PENERIMAAN SANTRI BARU
SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA “BOARDING SCHOOL”
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berdasar hasil seleksi Penerimaan Calon Santri Baru serta Hasil Rapat Gabungan
SMP Istiqomah Sambas Purbalingga dengan Yayasan Istiqomah Sambas dan LPIS
maka diputuskan hal-hal sebagai berikut :
A. DITERIMA PADA GELOMBANG II
NO NO. TEST NAMA L/P ASAL SEKOLAH KET.
1 024 MUHAMMAD LUKNI MAULANA L SD N 2 PURBALINGGA LOR DITERIMA
2 025 ALEXAN MITSEL YOSEFIAN L SD N 3 GOMBONG DITERIMA
3 028 RIDHO DARMAWAN L MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA DITERIMA
4 029 YUSUF RA’FA AKMAL L SD N 1 KELAMPOK DITERIMA
5 030 FAIZ ARYA AINURRAHMAN L MIN PURWOKERTO DITERIMA
6 034 AKAZ AGIL ABYAN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
7 036 FATAH IBNU MASRUN L SD IT HARAPAN UMMAT DITERIMA
8 038 KEISAV ABIRAMA ISMINANDITYA L MIM SUMAMPIR DITERIMA
9 045 HASAN TRI GUNAWAN L SD N KARANGTENGAH DITERIMA
10 046 HANAN DZAKY NUGROHO L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
11 047 ZALDY RAFANZA AZIZI L SD ISLAM AL MUJAHIDIN DITERIMA
12 051 AWALIAN BARI’ CAVANA PUTRA FATHUROHMAN L SD IT PERMATA HATI TAMBAKAN DITERIMA
13 055 FERLANDO FAJAR SAPUTRA L SD N 01 GUNUNGTIGA DITERIMA
14 058 FARREL ISTAZ QOBUSH L SDIT ALMUJAHIDIN DITERIMA
15 065 ANDREA RADYATAMA L SD N KALIBAWANG 3 DITERIMA
16 073 MOCHAMAD FAUZAN HABIB RABBANI L SD N BAYAN DITERIMA
17 074 ACHMAD DZAKII FAWWAZ DHIYAA ULHAQ L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
18 063 (8) HAZEL RAUF ADILLAH L SD IT AL MUJAHIDIN CILACAP DITERIMA
19 067 (11) ZELDA MAHARDIKA L SDN 1 LIMBANGAN DITERIMA
20 077 (19) MUHAMAD IRFAN YUGI PRABOWO L SD N KRANDEGAN BANJARNEGARA DITERIMA
21 078 (22) MUHAMMAD DANDI NABIL KEKONA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
22 092 (18) MUHAMMAD NABIL NURDIYANTO L SD IT PUTRA HARAPAN PURWOKERTO DITERIMA
23 100 (16) AHMIL BAYU ALAMSYAH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
B. CADANGAN ( DITERIMA JIKA ADA YANG TIDAK DAFTAR ULANG)
NO NO. TEST NAMA L/P ASAL SEKOLAH KETERANGAN
1 044 AKBAR RIZKI SANJAYA L SD N 2 MOGA CADANGAN 1
2 060 MOHAMMAD RAIHAN ZAHRAN L SD ISLAM GUNUNG JATI CADANGAN 2
3 057 MUHAMMAD SAMSUL LUTFI L SD N KARANGREJA CADANGAN 3
4 052 FAUZI ROSYAD ABDILLAH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA CADANGAN 4

 

 

A. DITERIMA PADA GELOMBANG II
NO NO. TEST NAMA L/P ASAL SEKOLAH KETERANGAN
1 023 LALITA PADMARINI P SD N 2 KARANGJAMBU DITERIMA
2 026 ANINDYA BELVA UMARO P MI MUHAMMADIYAH KALIMANAH WETAN DITERIMA
3 031 DINAR MUZIATI AMALIA P SDN 1 GANDATAPA DITERIMA
4 032 AFIFAH MUTHI AN NAFISAH P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
5 037 AULIA DHIANNAILATUZZAHRA P SD MUHAMMADIYAH SUDAGARAN WONOSOBO DITERIMA
6 039 ARUM PRAMUDIA LESTARI P SD NEGERI 1 BADAK DITERIMA
7 040 DEANARA KETZIA P SD GLOBAL TERPADU DITERIMA
8 042 ANDINI NUR FADILLAH P SD N 3 PURWASABA DITERIMA
9 043 RIZQINA INTAN NI’MAH P SD NEGERI 03 GOMBONG BELIK DITERIMA
10 048 FIFI TAMIYANTI P MIM SUMAMPIR DITERIMA
11 053 NAILATUZZAHRA NUZULIA P MI N 1 BANYUMAS DITERIMA
12 054 VEMY NADINE SYAFAATI P SD NEGERI 4 SERANG DITERIMA
13 062 EKA ISTIANI RIRIN APRILIYANTI P MI SLINGA 01 DITERIMA
14 063 ATRESIA RAHMA P SD N 2 PURBALINGGA LOR DITERIMA
15 068 ROSITA ANGGRAENI P MIM PANUSUPAN DITERIMA
16 070 RIZKA DWI CINTANA P SD N SIDASARI 01 DITERIMA
17 071 ALYA NUR RAHMADHANI P MI NEGERI 2 BANYUMAS DITERIMA
18 072 NABILA DAFFI SHOFIA P SD IT ANNIDA SOKARAJA DITERIMA
19 075 EXELLINA YUNAR ARRUMAISHA P MIN 1 BANYUMAS DITERIMA
20 031 (1) REFANIA RAMADANI ALMUKAROMAH P SDN 4 MAKAM DITERIMA
21 034 (2) VEOLA SANGGAM TIAMOR P SD NEGERI 1 LOSARI DITERIMA
22 066 (10) KAYLA AURANISA ABIDIN P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
23 070 (12) ISAURA SHAFA WIJAYA P SD NEGERI 1 KRAMAT DITERIMA
24 084 (20) ZAKIRA NAYLA MUKHBITA P SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH DITERIMA
25 098 (17) WANDA FATIMAH AZZAHRA P SD NEGERI 6 WONOSOBO DITERIMA
26 104 (15) AJENG ANDIYANI P SDN 1 KARANGJAMBU DITERIMA
27 108 (13) ATHA AB HITAH P SD N BANJARSARI KIDUL DITERIMA
Purbalingga, 9 April 2018
KEPALA SEKOLAH KETUA PANITIA
( SYAEFUDIN PURWANTO, S.Pd. ) (SHERLY HANAWATI, S.Si)
KETERANGAN
1. Bagi yang dinyatakan diterima :
DAFTAR ULANG dilaksanakan pada hari SENIN – SELASA, 9 – 10 April 2018.
2. Syarat dan ketentuan daftar ulang silahkan hubungi Panitia PPDB / PSB
3. PPDB SMP Istiqomah Sambas Purbalingga SUDAH TIDAK dibuka Gelombang berikutnya

PENGUMUMAN PENERIMAAN SISWA BARU JALUR KHUSUS

YAYASAN ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA
SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA
” STATUS TERAKREDITASI A “
PROGRAM REGULER : Jl. A.W. Soemarmo 52A Purbalingga,Jawa Tengah -53318 , ((0281)895635
PROGRAM BOARDING : Jl. Letnan Sudani, Desa Gemuruh-Padamara, Kab. Purbalingga, ((0281)6580548
e-mail : smpistiqomahsambas@yahoo.co.id Website : smpistiqomahsambaspbg.sch.id
” Dengan Sadar Mutu Menjadi Sekolah Unggul, Model dan Islami “
PENGUMUMAN
PENERIMAAN SISWA BARU SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA
PROGRAM REGULER “JALUR KHUSUS”
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berdasar hasil seleksi Penerimaan Calon Santri Baru serta Hasil Rapat Gabungan
SMP Istiqomah Sambas Purbalingga dengan Yayasan Istiqomah Sambas dan LPIS
maka diputuskan hal-hal sebagai berikut :
A. DITERIMA PADA JALUR KHUSUS
NO NO. TEST NAMA L/P ASAL SEKOLAH KET.
1 004 GIBRAN NUR ALIF L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
2 008 CAHYO TRI WIBOWO L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
3 010 RAFI RIZKI RAMADAN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
4 011 AWALUDIN MADJIB L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
5 014 GEMILANG PUTRA PRATAMA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
6 015 YUMNA UD DAFFA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
7 017 AFIN SATRIA ALFANI L SD NEGERI 3 PURBALINGGA LOR DITERIMA
8 022 MUHAMMAD YANUAR AL FAQIH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
9 025 ERLAND SAPUTRA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
10 028 NAUFAL HAFIZH FAKHRIZAL L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
11 029 FALAH FIRJATULLAH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
12 030 FAUZAN NUR HANIF L MIM KEDUNGJAMPANG DITERIMA
13 034 ABDUL RAHMAN SUDAIS L MI MA’ARIF NU 01 BANTARBARANG DITERIMA
14 035 DANAR HADI WIJAYA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
15 037 JAS DERIKOSEN L MI MUHAMMADIYAH LAMUK DITERIMA
16 038 MUHAMMMAD ROZAN AZIZ L SD IT MUTIARA HATI DITERIMA
17 040 YAFI MUHAMAD ABDILLAH MATIN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
18 042 NUR AHMAD NAUFAL ALFALIH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
19 043 ADAM NIKO PRABOWO L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
20 044 RAFIQ ADRIANSYAH L SD NEGERI 2 BODASKARANGJATI DITERIMA
21 046 ALFITRA ULINUHA YUSUF L MIM 01 SLINGA DITERIMA
22 050 ATHFAL RACHMAT MAULUDI L MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA DITERIMA
23 054 FALIKH HANNAN NAFI’ L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
24 055 FAIZ KHAIRUR ROHMAN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
25 056 RAFI YANUAR IHSAN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
26 058 MUHAMMAD FAQIH ZAIN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
27 059 WILDAN FADILLAH MAULANA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
28 071 AQIL FAJAR HIDAYATULLOH L MMI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
29 074 HARASUL IMTINAN HASA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
30 075 ALIFFATHAN NARARYA KUSTOMO L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
31 077 MOCHAMMAD VICTOR HIDAYAT L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
32 078 ZULFAN TAFTAZANI IHZA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
33 079 KRISNA LUHUNG AL MALIK L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
34 083 FAREL MAHESA PUTRA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
35 084 AKBAR WIJAYA ALAMSYAH L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
36 085 KAKA BRILIAN SYAHPUTRA L SDIT ALAM HARAPAN UMMAT DITERIMA
37 087 MAULANA YUDHA PRASETYO L SD N 2 SELABAYA DITERIMA
38 089 SHIBA PUTU KHOTHIRUZAKI L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
39 091 ALIF MUAMMAR ASY SYAFIQ L SD N 1 MUNJUL DITERIMA
40 098 FAUZAN ADWA ZAHRON L MI AL ISLAM DITERIMA
41 099 DEFANKA ZAIDAN ILMI L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
42 104 YUDA WIJAYA L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
43 105 NAUFAL ADITYA RACHMAN L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
44 108 FATHURRAHMAN ZAKKI L MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
45 111 MUHAMMAD FAIZAL ERDIANSYAH L SD N 1 PPURBALINGGA WETAN DITERIMA
46 112 AZRA KUSUMA IDRUS L SD IT ALAM HARAPAN UMMAT DITERIMA
47 001 NAILA MAKARIMA KALTSUM P SD N 2 PEKIRINGAN DITERIMA
48 002 NAZIFA ALIYATUL M P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
49 003 DAVINDA AZ ZAHRA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
50 005 JAUZA HANIN NABILAH P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
51 006 JULIA CANTIKA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
52 007 MELVINA JAUZAA PUTRI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
53 009 EVA NOVIANA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
54 012 NAYLA RAMADHANI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
55 013 AFIFAH NURLAELI WARDHANI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
56 018 SABRINA NAILA ROSYADA SIFA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
57 019 JAUHARAH NUR’AINI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
58 020 ADIYANTI EKA RAMADHANI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
59 021 FAIZAH NIDA ALFIAN P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
60 023 EMY QONITA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
61 024 SALSABIL ATIKAH HAKIM P SD N 1 PENGADEGAN DITERIMA
62 026 MELLY HANGGO PUTRI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
63 027 NAIZILLA KARUNIA PUTRI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
64 031 AZAHRA LUPY HENING AYOMI P SD NEGERI 1 PURBALINGGA WETAN DITERIMA
65 032 NIDIA FARAH NIRBITA P SD NEGERI 1 PURBALINGGA WETAN DITERIMA
66 033 NABIILAH DWI CAHYA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
67 036 DEVITA NINGTYAS AGUSTIN P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
68 039 DEANDRA AURA WIBISONO P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
69 041 DIANITA ANGKAT WAHYU NINGTYAS P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
70 045 ATIKA QOSTRUNADA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
71 047 NADIA MUMTAZATI P MI MUHAMMADIYAH 1 KARANG TENGAH DITERIMA
72 048 REVINA INDAH WULANDARI P SD NEGERI 1 KARANG TENGAH DITERIMA
73 049 WIDYA WINATA PANGESTIKA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
74 051 FALIHAH AZKA ‘ULAYYA P SD IT HARAPAN UMMAT DITERIMA
75 052 FINIQI LIHYAN SHOFAWI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
76 053 NASYWA KHAIRUNNISA P SD N 1 PENARUBAN DITERIMA
77 057 ESTI NUR FADILLAH P MIM TIMBANG DITERIMA
78 061 EVELYN SILVIA ANGKASA P MI MA’ARIF MAJASEM DITERIMA
79 062 SHERINDHA NONA RYANTHO P MIM WIRASANA DITERIMA
80 064 NADIA SALMA NURAINI P SD NEGERO 03 BOJONG DITERIMA
81 065 SEMIH BENING AYOMI P SD NEGERI 1 KUTASARI DITERIMA
82 066 MEGA LESTARI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
83 067 NABIILAH HENA FEBIANTI P SD NEGERI 2 PURBALINGGA LOR DITERIMA
84 068 SYAHRA DINA PITALOKA P SD NEGERI 1 KUTASARI DITERIMA
85 069 BETA AYU KUSUMA PUTRI P SD NEGERI 1 KUTASARI DITERIMA
86 070 RAVINA PUTRI MEYLINA P SD NEGERI 1 KALIKAJAR DITERIMA
87 072 EXCELLENT HIKMAH PUTRI SYAIFUDIN P SD IT ALLAM HARAPAN UMMMAT DITERIMA
88 073 IFTINAN AL-KHANZA FATIMATUZ ZAHRA P MI MA’ARIF NU PENARUBAN DITERIMA
89 080 AISHA RAHMA FADHILAH P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
90 081 PRADITYA RAUDYA PUAN MAHARANI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
91 082 DHENA ARLITA P SD IT HARAPAN UMMAT DITERIMA
92 086 ALFINA APSARI P SD N 1 MUNJUL DITERIMA
93 088 LARAS NINDYA LAKSITA P SD NEGERI 1 PURBALINGGA LOR DITERIMA
94 090 RISTI NUR ISNA PUTRI P SD N 3 BUKATEJA DITERIMA
95 092 SAFA FIANTIKA IRNAS ZEIN P SD NEGERI 01 SIDANEGARA DITERIMA
96 093 AMALIA SAKTI HERMAWAN P SD NEGERI 1 MANGUNEGARA DITERIMA
97 095 MUHAMMAD FATHIR FADHILAH P SD N 2 PURBALINGGA LOR DITERIMA
98 096 PRAJNA PARANARENDRA DUHITA P SD NEGERI 2 KALIMANAH WETAN DITERIMA
99 097 NAJWA ANNISA SABIL P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
100 100 FARAH SHOFA NUHAA P SD IT HARAPAN UMMAT DITERIMA
101 101 SHABRINA MIFTAHUL JANNAH P SD NEGERI 3 BOJONG DITERIMA
102 102 TALITHA NABILAH YUWARNI P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
103 103 APRILIA FATHIMATUZ ZAHRA P SD N 1 PAGERANDONG DITERIMA
104 106 ZAHRINA ALYANI RAHMAH P MI MA’ARIF NU KARANGMALANG DITERIMA
105 107 KAYLA NASYWA SAFIRA P MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITERIMA
106 109 GENDHIS SHELLA NUR’AINI P MIN PURWOKERTO DITERIMA
107 110 AINUN NASYWA SAKHI P MIM KALIMANAH WETAN DITERIMA
Purbalingga, 9 April 2018
KEPALA SEKOLAH KETUA PANITIA
( SYAEFUDIN PURWANTO, S.Pd. ) (SHERLY HANAWATI, S.Si)
KETERANGAN
1. Bagi yang dinyatakan diterima :
DAFTAR ULANG dilaksanakan pada hari SENIN – SELASA, 9 – 10 April 2018.
2. Syarat dan ketentuan daftar ulang silahkan hubungi Panitia PPDB / PSB
3. PPDB SMP Istiqomah Sambas Purbalingga TIDAK DIBUKA Jalur berikutnya