Pramuka Penggalang Garuda Pertama di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga

Purbalingga Kwartir Daerah Jawa Tengah terus mendorong lahirnya Pramuka Garuda di semua tingkatan. Pramuka Garuda merupakan tahapan tertinggi yang memiliki karakter mulia, kecakapan, keterampilan, dan nasionalisme yang tinggi. Sebagai perwujudan hal tersebut Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga melantik Pramuka Garuda Penggalang pada hari ini (31/3) di Bumi Perkemahan Munjul Luhur Purbalingga yang diikuti oleh gugus depan yang ada di Purbalingga. SMP Istiqomah Sambas Purbalingga sebagai sekolah Unggul, Model, dan Islami mengirimkan 12 adik-adik Penggalang Terap SMP Istiqomah Sambas Purbalingga untuk dilantik menjadi Pramuka Garuda.
Sebagai Pramuka Garuda harus menjadi tauladan bagi masyarakat, minimal di gugus depannya masing-masing. Kata Kak Tri Gunawan selaku Ketua Kwartir Cabang Purbalingga yang melantik adik-adik Pramuka Garuda.
Sebelumnya mereka telah mengikuti serangkaian proses tahapan yang dibukukan menjadi portofolio seperti menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dari Ramu sampai Terap, Syarat Kecakapan Khusus (SKK), membuat autobiografi My Hope as Eagle Scout, beberapa hasta karya dengan bahan yang berbeda, dan administrasi pelengkap lainnya. Dilanjutkan penilaian yang telah ditentukan oleh Kwarcab Purbalingga dengan komposisi tim penilai yaitu Ketua Gudep, Pembina Satuan, Anru Penggalang, tokoh masyarakat, dan orang tua. Disebabkan masih dalam situasi pandemi, penilaian adik-adik calon Penggalang Garuda oleh tokoh masyarakat dan orang tua dilaksanakan terpisah secara mandiri yang sebelumnya telah dibekali beberapa ketentuan.
Penilaian selanjutnya yang dilakukan secara bersama yaitu penilaian oleh Ketua Gudep Kak Mukhlis (Pa) Kak Sherly (Pi), Pembina Satuan Kak Rizki (Pa) Kak Astri (Pi), dan Anru Penggalang Kak Yulius (Pa) dari SMP Santo Borromeus Purbalingga serta Kak Musholina (Pi) dari MTs Ushriyyah Purbalingga. Penilaian diikuti oleh 28 adik-adik Penggalang Terap yang terdiri dari 12 peserta didik kelas 8 dan 16 peserta didik kelas 7. Penilaian dilakukan secara menyeluruh dan mewakili kecakapan, keterampilan, dan karakter mulia dari calon Penggalang Garuda. Calon Penggalang Garuda kelas 8 diutamakan untuk mengikuti pelantikan pada hari ini, namun untuk calon Penggalang Garuda kelas 7 diikutkan dalam pelantikan berikutnya.
Ini adalah angkatan pertama dari SMP Sambas yang mengirimkan calon Penggalang Garuda. Kalian adalah sejarah dalam Pramuka SMP Sambas. Terus semangat dalam mewujudkan pramuka yang lebih baik. Kata Kak Yulius dalam penutupan penilaian oleh tim penilai.